Jangan Remehkan!! Kegiatan-kegiatan Ini Memang Sepele Namun Bisa Membuat Keluarga Harmonis



Banyak hal tampak sepele namun ternyata memiliki arti besar, demikian juga kegiatan bersama keluarga. Inilah beberapa kegiatan sepele yang bisa ciptakan keluarga harmonis.

1. Makan bersama

Apakah keluarga kita terbiasa makan sendiri-sendiri? Ada yang makan di dalam kamar, makan di depan TV, dan bahkan makan sambil tetap asyik main gadget?

Coba deh tetapkan satu waktu untuk makan bersama keluarga, mungkin sebaiknya saat makan malam! Jadikan ini aturan rutin, sesibuk apapun, jam sekian harus sudah sampai rumah untuk makan malam bersama!

Sambil makan malam, bisa selingi dengan obrolan apa yang terjadi hari ini. Hal ini tentu saja menyenangkan jika menjadi kebiasaan dan mampu menghangatkan hubungan antar anggota keluarga.

2. Mengaji bersama

Mengapa mengaji sendiri-sendiri jika bisa dilakukan bersamaan seluruh anggota keluarga? Baca quran bersama kemudian diikuti dengan penyampaian nasehat dari sang ayah, akan membekas di hati anak-anak dan juga ibu.

Setidaknya ini merupakan waktu untuk men-charge kembali ruhiyah keluarga kita.

3. Saling memeluk

Apakah Sahabat Ummi telah memiliki kebiasaan saling memeluk di rumah? Anak-anak akan merasakan nyaman jika dipeluk oleh orangtuanya. Demikian juga pasangan hidup kita akan merasa lebih hangat dan tenang jika mendapatkan pelukan dari kekasih hati.

Maka jangan sepelekan manfaat berpelukan, karena keluarga harmonis biasanya lahir dari keluarga yang suka memberikan pelukan akrab dan kehangatan.

4. Mencium tangan, pipi dan kening

Mencium tangan orangtua sebelum berangkat sekolah, merupakan hal yang terlihat sepele, tapi ini bisa memperlihatkan keharmonisan keluarga kita. Demikian juga mencium pipi atau kening anak-anak, maupun mengecup kening pasangan, semakin enggan kita melakukannya... semakin jauh keluarga harmonis terbina.

Semakin terbiasa kita melakukannya, semakin akrab dan harmonis keluarga kita, in syaa Allah.

5. Belanja bareng

Aktivitas belanja bareng meskipun hanya ke toko swalayan kecil di dekat rumah, sesungguhnya bisa menjadi aktivitas yang asyik jika dilakukan bersama-sama ayah, ibu dan anak-anak.

Mengapa tidak menjadikannya kegiatan rutin saat harus belanja kebutuhan bulanan? Anak-anak pasti senang ditaruh di troli atau dibiarkan memilih barang kebutuhan mereka pribadi.

Demikianlah 5 kegiatan yang nampak sepele namun sebenarnya bisa menciptakan keluarga harmonis, semoga bermanfaat. share ini agar semakin banyak keluarga harmonis.